Cara Bank Dunia Mendapatkan Modal

Estimated read time 2 min read

Bank Dunia mendapatkan modal melalui beberapa sumber, dan model pendanaannya berbeda dengan bank konvensional. Bank Dunia terdiri dari dua entitas utama: Bank Dunia (IBRD – International Bank for Reconstruction and Development) dan Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA – International Development Association).

  1. IBRD (Bank Dunia):
    • IBRD mendapatkan modalnya melalui penjualan surat utang dan obligasi di pasar keuangan internasional. IBRD menerbitkan obligasi dengan suku bunga yang bersaing di pasar global untuk mendapatkan dana yang akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada negara-negara anggota yang membutuhkan dukungan pembangunan.
  2. IDA (Asosiasi Pembangunan Internasional):
    • IDA, yang menyediakan pinjaman dan hibah kepada negara-negara yang berpendapatan rendah, mendapatkan modalnya dari sumbangan dan kontribusi sukarela dari negara-negara anggota serta penjualan surat utang IDA.
  3. Kontribusi dari Negara Anggota:
    • Negara-negara anggota Bank Dunia memberikan sumbangan modal atau modal berbayar untuk menjadi anggota. Kontribusi ini menciptakan dasar modal yang digunakan oleh Bank Dunia dalam memberikan pinjaman dan hibah.
  4. Pendapatan dari Pinjaman dan Bunga:
    • Salah satu sumber pendapatan utama bagi Bank Dunia adalah bunga dan biaya administrasi yang dikenakan atas pinjaman yang diberikannya kepada negara-negara penerima. Pendapatan ini membantu Bank Dunia untuk menjalankan operasinya dan membiayai proyek-proyek pembangunan.
  5. Keuntungan dari Investasi:
    • Bank Dunia juga dapat memperoleh keuntungan dari investasinya di pasar keuangan. Dana yang dihasilkan dari keuntungan investasi ini dapat digunakan untuk mendukung operasi dan proyek-proyek Bank Dunia.
  6. Pembiayaan dari Pasar Modal:
    • Selain menerbitkan surat utang dan obligasi, Bank Dunia juga dapat mendapatkan modal melalui pembiayaan dari pasar modal, termasuk penjualan instrumen keuangan yang terkait dengan proyek-proyek infrastruktur.

Penting untuk dicatat bahwa Bank Dunia bukan bank komersial yang mencari keuntungan maksimal, melainkan sebuah lembaga pembangunan internasional yang bertujuan untuk membantu negara-negara anggota dalam upaya pembangunan ekonomi dan sosial mereka. Sebagai tambahan slot garansi kekalahan 100 saldo kembali, Bank Dunia juga menerima kontribusi sukarela dari pemerintah donor untuk mendukung proyek-proyek khusus atau inisiatif global tertentu.

You May Also Like

More From Author