Daftar Merk Motor Listrik Subsidi, Simak Metode Membelinya

Motor listrik subsidi ialah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mendukung masyarakat untuk beralih ke pemakaian motor listrik sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan dan hemat energi. Program ini memberikan bantuan subsidi kepada masyarakat yang mau membeli motor listrik dengan harga yang lebih terjangkau.

Tentu tidak seluruh merek motor listrik bersubsidi. Cuma sebagian merek motor listrik yang memenuhi syarat saja yang bersubsidi. Di samping itu, ada sejumlah syarat yang patut dipenuhi oleh masyarakat untuk mendapatkan motor listrik subsidi ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki motor listrik subsidi ini, penting untuk mengetahui apa saja syarat untuk mendapatkannya. Selain itu, yang tidak keok penting ialah mengetahui apa saja merk motor listrik subsidi.

Berikut ialah penjelasan mengenai metode mendapatkan motor listrik subsidi, dan daftar merk motor listrik subsidi, seperti yang telah dirangkum dari beragam sumber, Minggu (12/5/2024).

Syarat untuk Membeli Motor Listrik Subsidi
Motor listrik subsidi ialah upaya pemerintah dalam mendukung pemakaian kendaraan ramah lingkungan. Namun, tidak seluruh orang dapat memanfaatkan program subsidi ini. Terdapat syarat dan ketentuan khusus yang diberikan agar seseorang dapat membeli motor listrik dengan subsidi.

Pertama, konsumen yang memiliki hak mendapatkan subsidi motor listrik ialah mereka yang telah terverifikasi sebagai penerima manfaat. Verifikasi dilakukan menurut Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar sebagai penerima manfaat program subsidi, seperti subsidi listrik hingga 900 VA, subsidi bayaran, Kredit Usaha Rakyat (KUR), atau bantuan produktif usaha mikro.

Selain itu, terdapat juga ketentuan bahwa tiap orang cuma dapat menggunakan subsidi motor demo spaceman listrik ini untuk satu kali pembelian atau pembelian pertama saja. Artinya, sesudah membeli motor listrik subsidi, seseorang tidak dapat lagi memanfaatkan program subsidi ini untuk pembelian kedua kali dan seterusnya.

Dengan memenuhi syarat dan ketentuan hal yang demikian, seseorang dapat membeli motor listrik subsidi dengan harga yang lebih terjangkau. Via langkah ini, diharapkan masyarakat kian tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik guna mengurangi polusi udara dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Metode Membeli Motor Listrik Subsidi

Motor listrik subsidi ialah program pemerintah yang memberikan subsidi bagi masyarakat yang mau memiliki motor listrik. Terdapat dua metode untuk mendapatkan subsidi ini, ialah melalui pembelian baru atau konversi dari motor konvensional menjadi motor listrik.

Untuk mendapatkan subsidi konversi motor listrik, Anda perlu memiliki motor konvensional berkapasitas 100-150 cc yang masih cocok jalan, surat-surat komplit seperti BPKB dan STNK, serta KTP atas nama Anda. Selanjutnya, datangi bengkel konversi yang telah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perhubungan. Sampaikan niat Anda untuk mengerjakan konversi dan serahkan fotokopi KTP untuk verifikasi. Jika memiliki hak, Anda akan mendapatkan potongan harga. Proses penggantian tarif subsidi akan dilakukan oleh bengkel konversi. Namun, perlu diingat bahwa subsidi untuk konversi motor listrik cuma memiliki kuota 50.000 unit saja di tahun ini.

Sedangkan untuk mendapatkan subsidi pembelian motor listrik baru, Anda perlu datang ke dealer yang telah bekerjasama dengan produsen motor listrik subsidi. Pilih motor listrik yang masuk dalam daftar motor listrik bersubsidi dan ajukan pembelian/pembiayaan. Dealer akan mengerjakan verifikasi apakah NIK Anda masuk dalam daftar penerima subsidi. Jika memiliki hak, Anda akan mendapatkan potongan harga dan cuma perlu membayar harga sesudah subsidi. Proses penggantian tarif subsidi ke pemerintah akan dilakukan oleh dealer. Subsidi untuk pembelian motor listrik cuma memiliki kuota 200.000 unit di tahun ini, jadi pastikan Anda memanfaatkannya seketika sebelum kuota habis.

Daftar Merk Motor Listrik Subsidi

Motor listrik subsidi ialah kendaraan listrik roda dua yang mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah. Terdapat dua syarat utama agar kendaraan ini dapat mendapatkan subsidi, ialah memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) minimal 40% dan terdaftar dalam Metode Isu Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira).

Untuk dapat meniru program subsidi ini, produsen patut mendaftarkan motornya dan meniru verifikasi yang dilakukan oleh kementerian berkaitan. Syarat registrasi termasuk menyertakan sertifikat TKDN, bukti penunjukan dealer, pernyataan tidak menaikkan harga, dan pernyataan tanggung jawab serta kesediaan mengembalikan ke kas negara bila terjadi kelebihan pembayaran subsidi.

Selain itu, selama meniru program subsidi ini, produsen tidak diperbolehkan untuk menaikkan harga motor listrik hal yang demikian dan mengubah komponen motor sehingga TKDN menjadi kurang dari 40%. Dengan adanya subsidi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah untuk membeli motor listrik dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga dapat mendukung pemakaian kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Berikut ialah daftar merk motor listrik subsidi yang telah memenuhi syarat:

1. Jawara Bike (Selis)
Jawara Bike atau yang juga dikenal dengan merek Selis, ialah salah satu produsen motor listrik subsidi yang populer di Indonesia. Dengan adanya subsidi dari pemerintah, harga motor listrik Selis menjadi lebih terjangkau dan ramah lingkungan. Motor listrik Selis telah hadir dengan beragam contoh yang menarik, menggabungkan desain futuristik dan kinerja yang handal.

Harga motor listrik Selis juga betul-betul berkompetisi, menjadikannya alternatif yang menguntungkan bagi masyarakat yang mau memiliki kendaraan yang hemat energi. Dengan adanya subsidi yang diberikan, masyarakat dapat membeli motor listrik Selis dengan harga yang lebih terjangkau dan mendukung program pemerintah dalam pengurangan polusi udara.

2. Smoot Motor Indonesia (Smoot)
Smoot Motor Indonesia (Smoot) ialah merek motor listrik subsidi yang saat ini kian populer di Indonesia. Mereka menawarkan beragam varian contoh dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Smoot Motor Indonesia menjadi solusi bagi banyak orang yang mau memiliki motor listrik dengan harga terjangkau namun tetap bermutu.

Dengan harga yang terjangkau, Smoot Motor Indonesia menawarkan beragam varian contoh motor listrik yang dapat dipilih cocok dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Sebagian varian contoh yang ditawarkan antara lain Smoot M1, Smoot S1, dan Smoot H1. Setiap contoh memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda, sehingga pengguna dapat memilih cocok dengan kemauan dan kebutuhan mereka.

3. Artas Rakata Indonesia (Rakata)
Artas Rakata Indonesia, yang dikenal sebagai Rakata, ialah merek motor listrik lokal yang menawarkan beragam contoh dengan harga terjangkau. Motor listrik ini juga dapat mendapatkan subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta, menjadikannya alternatif yang menarik bagi masyarakat yang mau memiliki kendaraan ramah lingkungan namun tetap hemat tarif.

Salah satu contoh motor listrik yang ditawarkan oleh Rakata ialah Rakata S9, dengan harga sekitar Rp 13,5 juta. Motor ini dilengkapi dengan baterai yang dapat menempuh jarak hingga 100 kilometer sesudah pengisian penuh. Selain itu, ada juga contoh Rakata X5 yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 15,1 juta. Motor ini memiliki desain yang sporty dan juga memiliki jarak tempuh yang cukup jauh.

4. Electra Mobilitas Indonesia (Alva)
Electra Mobilitas Indonesia (Alva) ialah merek motor listrik yang telah masuk dalam program subsidi sebesar Rp 7 juta. Motor listrik ini menawarkan fitur-fitur modern dan kinerja yang betul-betul menarik. Alva didesain dengan tampilan yang elegan dan modern, menggabungkan konsep futuristik dengan detail-detail yang cantik.

Motor ini memiliki baterai yang cukup besar untuk memberikan jangkauan yang optimal, menjadikannya alternatif yang ramah lingkungan dan hemat energi. Tidak cuma itu, Alva juga membawa teknologi mutakhir dalam metode pengaturan energi yang memberikan kecepatan optimal dan akselerasi yang cepat. Kerja motor ini tidak cuma hebat di jalan raya, namun juga lincah dalam berbelok dan manuver dalam keramaian lalu lintas.

5. Greentech Global Engineering (Greentech)
Greentech Global Engineering (Greentech) ialah merek motor listrik yang terjangkau dan ramah lingkungan. Motor listrik ini cocok untuk mereka yang mau mengerjakan transisi ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan namun dengan harga yang terjangkau.

Salah satu keunggulan Greentech ialah motor listrik ini memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi pemerintah. Dengan adanya subsidi pemerintah, harga motor listrik ini menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Selain itu, Greentech juga mengutamakan kualitas dan kinerja mesin motor listriknya sehingga pengguna tidak perlu kuatir seputar kualitas kendaraan yang mereka gunakan.

 

 

You May Also Like

More From Author