Ini Pernyataan Trump tentang NATO yang Membuat Para Petinggi Barat Murka

Estimated read time 3 min read

Mantan Presiden AS Donald Trump dilanda badai kritik https://bonesontour.com/ berasal dari Gedung Putih dan pejabat tinggi Barat gara-gara membuktikan ia tidak akan membela sekutu NATO yang gagal mengeluarkan memadai dana untuk pertahanan dan apalagi mendorong Rusia untuk menyerang mereka. Berikut adalah jawaban atas sebagian pertanyaan penting tentang NATO, komentar Trump – yang ulang mencalonkan diri sebagai presiden pada November dan unggul atas Presiden Joe Biden didalam sebagian jajak pendapat – dan implikasinya.

Apa itu NATO?

Didirikan pada 1949 untuk melawan Uni Soviet ketika ketegangan Perang Dingin meningkat, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) adalah aliansi politik dan militer negara-negara Amerika Utara dan Eropa. Prinsip pertahanan kolektif tertuang didalam Pasal 5 perjanjian pendiriannya, yaitu gagasan bahwa serangan pada satu anggota dianggap sebagai serangan pada semua anggota.

NATO menyita ketetapan berdasarkan konsensus, namun kemampuan politik dan militer Amerika Serikat menjadikannya sebagai negara paling kuat didalam aliansi tersebut, dan persenjataan nuklirnya dipandang sebagai jaminan keamanan tertinggi.

Negara Mana yang Ada di NATO?

NATO pas ini punya 31 anggota – sebagian besar adalah bonesontour.com negara-negara Eropa, ditambah Amerika Serikat dan Kanada. Anggota terakhir adalah Finlandia, yang bergabung pada April lalu sebagai reaksi pada invasi Rusia ke Ukraina pada 2022. Swedia mengajukan keinginan untuk bergabung bersama dengan Finlandia namun menunggu Hongaria meratifikasi permohonannya sebagai langkah besar terakhir sebelum akan menjadi anggota.

Selama Perang Dingin, fokus utama NATO adalah memelihara Eropa Barat berasal dari Uni Soviet. Setelah runtuhnya Tembok Berlin pada 1989, NATO memperluas jangkauannya ke negara-negara bekas blok komunis berasal dari Eropa Tengah dan Timur. Anggota NATO berkisar berasal dari negara-negara besar layaknya Inggris, Perancis, Jerman dan Turki sampai negara-negara kecil layaknya Islandia dan Montenegro.

Baca Juga: https://bonemarrowdonationnow.net/laporan-kesehatan-bocor-presiden-biden-disebut-hilang-ingatan/

Apa Kata Trump tentang NATO?

Sebagai presiden AS pada periode 2017-2021, Trump sering mengecam NATO dan negara-negara anggotanya layaknya Jerman, menuduh mereka tidak membayar memadai untuk pertahanan mereka sendiri dan mengandalkan Washington untuk memelihara mereka. Ia terang-terangan mempertanyakan komitmen pertahanan kolektif.

Pemerintahan AS lainnya termasuk menuduh negara-negara Eropa tidak membelanjakan dananya didalam jumlah yang memadai untuk pertahanan, namun didalam hal yang tidak amat ketat. Trump membawa kritiknya ke tingkat yang baru pada kampanye pada Sabtu di Conway, Carolina Selatan, ketika dia menceritakan apa yang dia katakan sebagai percakapan bersama dengan “presiden sebuah negara besar”.

“Baiklah, Sir, kalau kami tidak membayar, dan kami diserang oleh Rusia – maukah Anda memelihara kami?” Trump mengutip perkataan pemimpin yang tidak disebutkan namanya itu. “Saya bilang: ‘Kamu tidak bayar? Kamu menunggak?’ Dia berkata: ‘Ya, katakanlah hal itu terjadi.’ Tidak, saya tidak akan memelihara Anda. Bahkan, saya akan mendorong mereka (Rusia) untuk lakukan apa pun yang mereka inginkan. Anda kudu membayarnya,” kata Trump.

You May Also Like

More From Author