Israel Minta UNRWA Dibubarkan Buntut Staf Dituding Ikut Serangan Hamas

Estimated read time 2 min read

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz mendesak badan pengungsi PBB untuk Palestina atau UNRWA supaya dibubarkan. Desakan itu sesudah tuduhan bahwa sebagian staf UNRWA terlibat aksi serangan Hamas ke Israel terhadap 7 Oktober 2023.

Akibat tuduhan itu, enam negara Eropa menghentikan pendanaan untuk badan pengungsi PBB untuk Palestina (UNRWA) terhadap Sabtu, 27 Januari 2024. Inggris, Jerman, Italia, Belanda, Swiss dan Finlandia terhadap hari Sabtu join bersama Amerika Serikat, Australia dan Kanada didalam menghentikan pendanaan untuk badan pertolongan tersebut. Padahal dana dari negara-negara Barat itu merupakan sumber penting untuk menopang kelangsungan hidup penduduk di Gaza.

“Dalam pembangunan lagi Gaza, @UNRWA wajib diganti bersama lembaga-lembaga yang berdedikasi terhadap perdamaian dan pembangunan sejati,” kata Israel Katz di fasilitas sosial X. Wakil juru berbicara PBB Farhan Haq, pas ditanya tentang pernyataan Katz, menyatakan bahwa mereka tidak menanggapi retorika. “UNRWA secara total miliki rekam jejak yang kuat, dan hal ini udah berulang kali kami tekankan,” ujar Farhan Haq.

Philippe Lazzarini, komisaris jenderal UNRWA, menyatakan ketetapan sembilan negara tersebut mengancam kerja kemanusiaan di semua wilayah, terlebih di Gaza. “Sangat mengejutkan melihat penangguhan dana untuk badan tersebut sebagai reaksi terhadap tuduhan terhadap sekelompok kecil staf, terlebih mengingat tindakan langsung yang diambil alih UNRWA bersama mengakhiri kontrak mereka dan menghendaki penyelidikan independen yang transparan,” katanya didalam sebuah pernyataan.

Kementerian luar negeri Palestina mengkritik kampanye Israel melawan UNRWA. Hamas juga mengutuk pemutusan kontrak karyawan berdasarkan Info yang diperoleh dari Israel yang disebutnya sebagai musuh Zionis.

Baca Juga: https://bonemarrowdonationnow.net/dk-pbb-bersidang-minggu-depan-setelah-putusan-icj-perihal-gaza/

UNRWA didirikan untuk menopang pengungsi perang th. 1948 pas berdirinya Israel dan mengimbuhkan layanan pendidikan, kebugaran dan pertolongan kepada warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Suriah, dan Lebanon. Lembaga ini menopang kurang lebih dua pertiga dari 2,3 juta penduduk Gaza dan udah memainkan peran pertolongan yang benar-benar penting selama perang yang dilancarkan Israel untuk menyingkirkan Hamas sesudah serangan 7 Oktober.

Pada Jumat pekan lalu, Lazzarini memberitakan mengakhiri kontrak sebagian staf UNRWA untuk memelihara kekuatan badan tersebut didalam mengimbuhkan pertolongan kemanusiaan. Lazzarini tidak mengungkapkan kuantitas karyawan yang dikira terlibat didalam serangan Hamas ke Israel terhadap 7 Oktober 2023.

You May Also Like

More From Author