Israel Rencana Serang Perbatasan Rafah, Mesir Siap-siap

Estimated read time 2 min read

Dua sumber dari pihak keamanan Mesir mengungkapkan didalam https://www.ggjayatrans.com/ dua pekan terakhir Kairo sudah mengirim sekitar 40 tank dan kendaraan pengangkut personel ke Sinai timur laut sebagai bagian dari upaya menaikkan keamanan di daerah perbatasan Gaza – Mesir. Pengerahan oleh Mesir itu ditunaikan menyusul operasi militer Israel yang meluas sampai ke Kota Rafah yang berlokasi di selatan Gaza, di mana lokasi itu saat ini padat karena banyak warga Gaza berlindung ke sana. Kondisi ini terhitung membuat Mesir waswas jika warga Gaza bakal dipaksa muncul dari lokasi yang terkepung tersebut.

Pada Jumat, 9 Februari 2024, sebagian jet tempur Israel sudah tersedia yang menyerang Rafah, yang terlampau berdekatan bersama perbatasan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan militer Israel sehingga bersiap untuk mengevakuasi warga Gaza yang terlantar. Sejak perang Israel-Hamas meletup pada 7 Oktober 2023, Mesir sudah membangun sebuah tembok beton sampai setinggi enam mtr. dan bagian atasnya dipasangi jeruji besi. Tak hanya itu, Mesir terhitung membangun tanggul dan menaikkan pengawasan di pos-pos perbatasan.

Pada bulan lalu, dinas Info Mesir menambahkan cermat sejumlah langkah yang disita di daerah perbatasan sebagai respon setelah Israel menduga Hamas meraih senjata-senjatanya yang diselundupkan dari Mesir. Tiga lapis penghalang di atas tanah dan di bawah tanah sudah dibuat sehingga membuat penyelundupan tidak mungkin dilakukan.

Sejumlah foto yang diunggah oleh Reuters dari Sinai Foundation for Human Rights perlihatkan pembangunan tembok pemisah itu ditunaikan pada Desember 2023 bersama sebagian tanggul berjalan di baliknya. Foto terakhir perlihatkan tersedia tiga lapis kawat berduri melingkar yang dipasangi di pucuk dinding pemisah tersebut. Foto-foto itu belum dapat diverifikasi Reuters.

Baca Juga: https://bonemarrowdonationnow.net/kisah-miris-pengungsi-gaza-tidur-di-kandang-ayam-dengan-hawa-dingin-dan-serangga/

Beberapa foto satelit perlihatkan dari Januari dan Desember 2023, tersedia sejumlah pembangunan baru (tembok pemisah) selama 13 kilometer yang dekat bersama Rafah sampai ke ujung laut utara. Otoritas Mesir dan Israel enggan berkomentar berkenaan ini. Kebijakan ini disita setelah militer Mesir memperluas keamanan sampai ke utara Sinai untuk melawan pemberontakan yang sudah meningkat sejak 10 th. silam.

You May Also Like

More From Author