Mengamati Harga Saham EXCL dan FREN Berakhir Grup Axiata dan Sinar Mas Teken MoU

PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Smartfren bersiap merger atau penggabungan usaha. Hal ini sesudah entitas pemilik yakni Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data dan PT Bali Media Telekomunikasi (Sinar Mas) menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tak mengikat.

Mengutip keterbukaan isu ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (16/5/2024), penjajakan agenda merger antara XL Axiata dan Smartfren ini akan menciptakan entitas baru yakni MergeCo. Tapi, agenda transaksi ini masih dalam tahap evaluasi permulaan, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo.

Pada saat ini, diskusi yang sedang berlangsung antara para pihak belum menciptakan kesepakatan atau penyelesaian agenda transaksi yang mengikat,” demikian dikutip dari keterangan sah Axiata di keterbukaan isu BEI.

Axiata mengungkapkan, validasi kepada penggabungan dan penciptaan poin bagi pemegang saham, uji tuntas, persiapan agenda bisnis bersama dan kesepakatan atas syarat penting akan menjadi aktivitas utama yang dikerjakan selama tahap penjajakan yang diatur dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, usulan penggabungan usaha slot777 login antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan bisa menyatukan skala, kompetensi, keuangan dan keahlian telekomunikasi yang mendalam dari Axiata dan skala lokal serta pengetahuan pasar dari Sinar Mas untuk menciptakan poin sinergis yang signifikan.

Kedua pihak diharapkan bisa memberikan pengaruh yang sepadan kepada arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, dengan memanfaatkan daya masingmasing. Axiata meyakini MergeCo akan memiliki kelincahan yang strategis, kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memenuhi kemauan dan permintaan yang kian meningkat dari konsumen, bisnis dan sektor publik di Indonesia.

MergeCo diharapkan bisa memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan poin tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasi XL Axiata dan Smartfren.

Harga Saham EXCL dan FREN

Seiring hal tersebut bagaimana pergerakan saham XL Axiata dan Smartfren?

Mengutip data RTI, harga saham EXCL melemah 7,75 persen ke posisi Rp 2.380 per saham pada penutupan perdagangan Kamis, 16 Mei 2024. Poin transaksi saham EXCL Rp 137,4 miliar. Total volume perdagangan saham 56,88 juta saham dan total frekuensi perdagangan 8.297 kali.

Harga saham EXCL merosot semenjak perdagangan Selasa, 14 Mei 2024. Harga saham EXCL susut 0,38 persen ke posisi Rp 2.600 per saham. Kemudian berlanjut pada Rabu, 15 Mei 2024. Harga saham EXCL melemah 0,77 persen ke posisi Rp 2.580 per saham.

Sementara itu, harga saham FREN stagnan di posisi Rp 50 per saham. Total frekuensi perdagangan saham FREN tercatat 1.694 kali dengan poin transaksi Rp 12,45 miliar. Total volume perdagangan 247,79 juta saham.

Pengamat pasar modal Desmond Wira menuturkan, perbaikan saham EXCL seiring sell on the news. “Rumornya sudah lama. Sesudah muncul isu, investor profit taking,” ujar Desmond saat dihubungi melalui pesan singkat.

You May Also Like

More From Author