Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Sediakan Rest Area Yang Ramah Anak

Estimated read time 3 min read

Jalan Tol Fungsional Siap Digunakan Menjelang Arus Mudik Lebaran, Tak Bisa Diakses Malam Hari

Save the Children Indonesia mengimbau pemerintah dan slot777 bermacam pihak untuk sedia kan area istirahat atau rest area yang ramah anak. Upaya selanjutnya menjadi bentuk mitigasi terhadap potensi risiko masalah tumbuh kembang dan kesegaran anak.

Interim Chief of Advocacy, Campaign, Communication plus Media berasal dari Save the Children Indonesia, Tata Sudrajat, menyatakan bahwa alasan utama banyaknya kecelakaan sepanjang arus mudik menurut bermacam laporan adalah sebab kelelahan berkendara. Selain ingin cepat sampai, lanjut Tata, keluarga yang tak ingin istirahat termasuk disebabkan oleh rest area yang tidak lumayan atau tidak cukup nyaman untuk anak.

“Maka berasal dari itu, kami mendorong pentingnya penyediaan sarana area istirahat yang ramah anak, dan termasuk ibu hamil serta ibu menyusui. Hal ini tentu sebagai upaya mitigasi terhadap risiko kecelakaan lalu lintas,” kata Tata Sudrajat di dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 5 April 2024.

Organisasi mandiri untuk pemenuhan hak anak itu menekankan, minimnya sarana ramah anak di rest area kudu menjadi pertimbangan pemerintah. Terlebih, selayaknya masuk ke di dalam ketentuan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) terhadap jalur tol. “Beberapa rest area di pulau Jawa cuma sedia kan sarana wahana bermain untuk anak, dapat tetapi belum memiliki sarana ramah anak lainnya.”

Sebagai informasi, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021 berkenaan Tempat Istirahat dan Pelayanan terhadap Jalan Tol, tidak menyatakan sarana ramah anak sebagai salah satu perihal yang kudu tersedia di rest area. Melainkan cuma menyatakan sarana lazim lainnya layaknya rumah makan, toilet, stasiun pengisian bahan bakar, sarana area parkir, dan lain-lain.

Selain terhadap sarana ramah anak, Save the Children Indonesia termasuk mengimbau kudu terdapatnya pengawasan dan termasuk pemberian bagi anak sehigga bebas berasal dari kekerasan dan penelantaran. Misalnya, melalui edukasi berkenaan keselamatan anak, pemasangan CCTV di rest area, dan menghadirkan posko pengaduan.

Sayangnya, musim mudik yang selayaknya menjadi saat penting bagi banyak keluarga di seluruh Indonesia, tak didukung oleh sarana lumayan yang utamakan keperluan khusus untuk anak-anak. Dalam perjalanannya, Save the Children mencatat masih banyak rest area yang belum memiliki sarana ramah anak.

Dengan terdapatnya sarana yang sesuai, harapannya para pengemudi dapat beristirahat bersama dengan tenang sambil menegaskan keselamatan dan kebahagiaan anak. “Fasilitas selanjutnya sebaiknya terdiri berasal dari area laktasi/ibu menyusui, taman bermain, sanitasi yang bersih, dan area istirahat yang aman dan nyaman bagi anak-anak berasal dari masalah asap rokok, knalpot, kebisingan maupun risiko keselamatan lainnya,” tulis Save the Children Indonesia.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tulus Abadi menyebut jalur tol fungsional sudah dapat digunakan pengguna jalur untuk mudik menjelang lebaran.

“Secara fisik tol fungsional sudah dapat digunakan, cuma saja belum ada rambu-rambu lalu lintas. Kalau untuk pemanfaatan malam, jika terpaksa, terhitung bakal disempurnakan lampu penerangan,” kata Tulus di dalam pesan tertulis, Rabu, 3 April 2024.

Tulus menjelaskan, rambu lalu lintas yang terpasang pada jalur tol fungsional selagi ini cuma yang berhubungan dengan keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas, memahami Tulus, baru bakal terpasang secara lengkap selagi jalur tol berikut diresmikan.

Lebih lanjut, Tulus menegaskan bahwa pemanfaatan jalur tol fungsional itu tak dipungut biaya. Pengaturan jalur itu nantinya terhitung bakal ditentukan oleh kepolisian. “Pemberlakuannya terkait pada diskresi polri, menjadi situasional pada traffic,” ujarnya.

“Dibuka hingga sore. Karena pada malam hari penerangannya masih kurang, maka bakal ditutup pukul 17.00,” katanya selagi menghadiri acara dialog Operasi Ketupat dan Strategi Pemerintah Hadapi Mudik Lebaran 2024 di Jakarta Selatan, Selasa, 2 April 2024.

You May Also Like