Nama Mata Uang Inggris Saat Ini dan Sejarah Lengkapnya

Nama mata uang Inggris adalah Pound sterling (£). Mata uang ini juga banyak dipakai di negara-negara bekas koloni Inggris seperti Gibraltar, Falkland, dan Guernsey.

Mengutip Investopedia, nama mata uang negara Inggris ini juga biasa disebut dengan uang Puounds saja atau GBP (Great British Pound). Pound sterling juga merupakan salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing global selain dollar AS.

Sejarah mata uang Inggris

Sejarah pound sterling meliputi perkembangan panjang dari masa-masa awal hingga menjadi mata uang yang dikenal saat ini.

Uang Pound berasal dari sistem mata uang Inggris kuno yang dikenal sebagai pound Troy, yang diperkenalkan oleh Raja Offa dari Mercia pada abad ke-8 M. Pound Troy adalah unit massa yang digunakan untuk menimbang perak, dan pada awalnya tidak digunakan slot gacor gampang menang sebagai mata uang koin.

Pada abad ke-12, Raja Henry II mulai mencetak koin emas dan perak dengan nilai yang ditetapkan, yang menjadi cikal bakal pound sterling. Koin perak pertama yang disebut sterling dicetak pada masa pemerintahan Raja Henry II, dan nama sterling kemungkinan berasal dari pengecoran koin di Sterling, sebuah kota di Skotlandia.

Lalu pada abad ke-17, Inggris memperkenalkan standar emas, di mana nilai pound sterling terkait dengan jumlah emas yang dipegang oleh bank sentral. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas mata uang dan memfasilitasi perdagangan internasional.

Sementara tahun 1971, Inggris beralih ke sistem desimal, menggantikan sistem pound yang sebelumnya didasarkan pada pound, shilling, dan penny, dengan satu pound sama dengan 100 pence.

Uang Pound sterling terus berkembang sebagai salah satu mata uang terkemuka di dunia. Meskipun telah mengalami fluktuasi nilai dalam sejarahnya, pound sterling tetap menjadi mata uang yang penting dalam perdagangan internasional, keuangan global, dan sebagai cadangan devisa negara-negara.

Mata uang Inggris ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, mencerminkan evolusi sistem keuangan Inggris dan perannya dalam perdagangan dan ekonomi dunia.

Mata uang Inggris ke Rupiah Saat ini per Maret 2024, untuk konversi mata uang Inggris ke Rupiah adalah Rp 20.046. Artinya, setiap 1 uang pound, setara dengan Rp 20.046.

Sementara bila dikonversikan ke dollar AS, setiap 1 uang pound Inggris setara dengan 1,2 dollar AS. Untuk diketahui saja, nama mata uang negara Inggris adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Kebanyakan, gambar mata uang Inggris adalah potret raja dan ratu di Inggris

You May Also Like

More From Author